Nilai Penting Istinja Bagi Kesehatan

Nilai Penting Istinja Bagi Kesehatan

 Obat Wasir Stadium Lanjut
Nilai Penting Istinja Bagi Kesehatan,- Alloh SWT Yang Maha Agung telah memberikan kita keistimewaan, dengan menyempurnakan dimensi fiskal dan mental kita. Alloh menganugerahkan kita mekanisme tubuh yang sangat sempurna, termasuk melengkapi tubuh dengan alat pengeluaran berupa anus dan dubur, tempat kita mengeluarkan segala kotoran, najis, dan sisa-sisa metabolisme tubuh.

Alloh juga telah mensyariatkan kepada kita agar selalu membersihkan lubang pengeluaran itu dengan air. Rasulullah saw bersabda, "Sucikanlah diri kalian dari air kencing karena kebanyakan azab kubur disebabkan olehnya." (HR. Al-Daruquthni)

Karena itulah kita sebagai kaum muslim meyakini ada keutamaan dan faedah yang sangat besar dalam istinja. Ternyata, ilmu kedokteran modern menetapkan bahwa kebersihan area anus dan dubur sangat penting bagi kesehatan tubuh karena keduanya merupakan area paling rentan dihuni kuman, bakteri dan mikroba.

Bila kita tidak membersihkan area anus dan dubur dengan benar, maka kita akan terserang berbagai penyakit dan lebih jauh penyakit itu akan menulari orang-orang di sekitar kita, baik kepada istri atau suami melalui hubungan badan, maupun kepada anggota keluarga lainnya.

Dan Islam mengajarkan kita, untuk membersihkan anus dan dubur dengan tangan kiri agar tangan kanan yang digunakan untuk makan tetap bersih dan bebas dari kotorannya atau kuman. Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang di antara kalian minum, janganlah bernapas pada tempat minum itu. Jika kalian memasuki jamban, janganlah mengusap kemaluan dengan tangan kanan, dan jangan mencucinya dengan tangan kanan." (HR. Bukhairi)

Fakta yang membuktikan nilai pentingnya istinja bagi kesehatan datang dari Inggris tahun 1963, tepatnya Kota Dundee. Dimana waktu itu wabah penyakit tipus menyebar dengan sangat cepat dan ganas. Banyak korban berjatuhan, dan seluruh komponen masyarakat mengerahkan seluruh tenaga untuk menghentikan penyebaran penyakit itu. Para medis kemudian memperingatkan masyarakat untuk penggunaan tisu saat membersihkan anus diganti dengan menggunakan air. Penyebaran wabah tipus seketika berhenti dan masyarakat mulai menyadari nilai pentingnya istinja dengan air. Sejak saat itu mereka memilih mempergunakan air daripada kertas tisu untuk beristinja.